Selasa, 30 November 2010

Universitas Multimedia

  Jaman Sekarang Multimedia sudah merambah di dunia pendidikan . Dan Multimedia sudah masuk di Perguruan Tinggi . Banyak sekali Universitas di Indonesia yang menyediakan jurusan Multimedia .
Salah satunya adalah :
               
                 
** Universitas Multimedia Nusantara

UMN didirikan pada tanggal 25 November 2005 berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional No. 169/D/O/2005 yang operasionalnya secara resmi dikelola oleh Yayasan Multimedia Nusantara. Yayasan ini didirikan oleh  Kompas Gramedia, sebuah kelompok usaha terkemuka yang bergerak di bidang media massa, penerbitan, percetakan, toko buku, hotel dan jasa pendidikan
UMN merupakan sebuah lembaga perguruan tinggi dengan teknologi informasi dan komunikasi sebagai dasar dalam setiap proses belajar mengajar di tiap mata kuliah yang diselenggarakannya. Didukung oleh keberadaan para tenaga pengajar yang profesional dan berpengalaman di bidang pendidikan serta penyelenggaraan program mata kuliah yang terarah dan terintegrasi akan menghantar UMN menjadi universitas unggulan di tingkat nasional maupun internasional. UMN disasarkan menjadi inspirasi bagi hadirnya paradigma pendidikan baru bagi kaum muda Indonesia sehingga mampu menghasilkan lulusan berkompetensi tinggi dan berjiwa wirausaha berbasis teknologi (technopreneurship).

Pendiri UMN

Universitas Multimedia Nusantara didirikan atas prakarsa Dr. (HC) Jakob Oetama, Perintis Kompas-Gramedia Group.
Dr. (HC) Jakob Oetama telah dianugerahi penghargaan Enterpreneur of The Year 2006 Tingkat Internasional di Monaco City, oleh Enrst & Young International.
Dr. (HC) Jakob Oetama dikenal sebagai Tokoh Nasional, yang memikirkan persatuan dan kesatuan bangsa, selalu mengambil posisi netral, tidak memihak kepada golongan manapun, dan senantiasa menyuarakan kebenaran dan pencerahan bagi bangsa Indonesia khususnya, dan kemanusiaan pada umumnya.
Dr. (HC) Jakob Oetama mengembangkan falsafah Humanisme Transendental yang berarti bahwa manusia hendaknya mengambil jarak terhadap keduniawian dan memperjuangkan penyempurnaan diri melalui karya bagi kemanusiaan.
Prakarsa Dr. (HC) Jakob Oetama atas pendirian UMN tersebut selanjutnya direalisasikan oleh jajaran pimpinan Kompas Gramedia Group, yaitu: Agung Adiprasetyo (CEO), Teddy Surianto (Business Development), jajaran Board of Directors Kompas Gramedia dan Panitia Pendiri yang dipimpin Dr. Ir. P.M. Winarno, M.Kom (Ketua) dan Ir. Budi Susanto, M.M (Wakil Ketua).


** Universitas Surabaya (UBAYA)

Akreditasi
BAN-PT SK No. 021/BAN-PT/Ak-XII/S1/VII/2009
Kurikulum
Kurikulum yang dimiliki oleh Program Multimedia UBAYA dirancang untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan di dalam bidang desain serta implementasi multimedia bagi para mahasiswa. Mahasiswa akan mempunyai kemampuan yang lebih di bidang desain web, pembuatan game, pemodelan objek dan animasi 3D, film animasi, penggunaan pelbagai media dalam berbagai aplikasi dan sebagainya.
Beban Studi
Total 144 sks dengan masa studi normal 8 semester, dibagi menjadi 123 sks matakuliah wajib dan 21 sks mata kuliah pilihan.
Fasilitas
Program Multimedia UBAYA dilengkapi dengan berbagai laboratorium yang lengkap dan modern untuk menunjang kegiatan praktikum dan penelitian.
Terdapat beberapa laboratorium komputer yang dilengkapi dengan fasilitas internet dan beberapa fasilitas penunjang di bidang multimedia.
Bidang Kerja Lulusan
Para sarjana lulusan Program Multimedia akan berprofesi sebagai New Media Developer, Web Designer and Programmer, 3D Modeller/Animator, Games Developer, Video/Sound Producer.
Kualifikasi Pengajar
Pengajar di Program Multimedia merupakan tim pengajar yang terdiri atas akademisi dan praktisi industri di bidang komputer dan multimedia.
Sekilas tentang Program Multimedia

Program Multimedia UBAYA merupakan salah satu program baru di Fakultas Teknik UBAYA yang akan dimulai pada tahun ajaran 2007-2008. Program ini mulanya merupakan salah satu konsentrasi di Jurusan Informatika, yang kemudian dikembangkan menjadi sebuah program dengan penambahan materi di bidang multimedia, desain grafis, animasi, pembuatan game interaktif, video dan audio editing, serta desain dan pemrograman website interaktif. Program Multimedia UBAYA menerima siswa SMU yang berasal dari jurusan IPA/IPS serta SMK yang relevan.
Mahasiswa Program Multimedia akan menempuh studi selama 4 tahun (masa studi normal) dan mempelajari 144 sks terdiri atas 120 sks matakuliah wajib dan 24 sks matakuliah pilihan.

Materi-materi yang diajarkan
  • Multimedia Interaktif
    Merupakan sebuah produk program pada CD/DVD, Web atau media lainnya, yang menggabungkan hasil desain grafis, animasi, video serta audio yang dikemas dalam sebuah program komputer yang interaktif. Contoh dari produk Multimedia Interaktif ini adalah Company Profile dalam bentuk CD/DVD, Game Interaktif, CD/DVD Pembelajaran Interaktif.
  • Desain Grafis
    Merupakan gabungan beberapa matakuliah yang berisi tentang konsep-konsep dasar tentang desain (estetika, komposisi warna, dll) dilanjutkan dengan penggunaan tool-tool desain komputer (Adobe Photoshop, Adobe Ilustrator, Corel Draw). Contoh Produk yang dihasilkan adalah desain grafis untuk komputer maupun percetakan (Iklan, Poster, Brosur, dll)
  • Animasi
    Animasi yang dihasilkan dapat berupa animasi dua dimensi atau tiga dimensi. Hasil dari animasi ini dapat digabungkan dalam bentuk produk multimedia interaktif seperti game, iklan, website bahkan sampai dengan produksi film.
  • Video dan Sound Editing
    Hasil dari editing video dan audio ini dapat digabungkan dengan animasi untuk menghasilkan sebuah film atau digabungkan dalam sebuah program untuk menghasilkan produk multimedia interaktif lainnya (iklan, game, company profile, dll).
  • Desain dan Pemrograman Website Dinamis
    Desain website selain dituntut untuk menarik juga dituntut untuk mempunyai kemudahan dalam penggunaannya. Selain diajarkan tentang cara mendesain sebuah website juga akan diajarkan hal-hal yang menyangkut Human Computer Interaction sehingga website akan mudah digunakan. Pemrograman website dinamis akan mempelajari bagaimana membuat website dinamis seperti www.yahoo.com, www.google.com , www.friendster.com yang dikoneksikan dengan database tertentu.
  • Pembuatan Game Interaktif
    Game yang akan dibuat dapat berupa game komputer, game online (website) maupun game pada handphone.
  • Pemrograman Database
    Pemrograman database akan mempelajari secara komprehensif mulai dari tahap awal sampai akhir pembuatan program komputer yang dihubungkan dengan database untuk dapat melakukan pencatatan, pencarian, pengubahan informasi serta analisa informasi dari data-data yang telah disimpan pada database.

0 komentar:

Posting Komentar